Biaya Pernikahan

6 Feb 2011

Berbicara mengenai biaya pernikahan, banyak pasangan anak muda yang berpikir idealis dan beranggapan “mahal” lalu kemudian memaksa dirinya menunda keinginan menikah lebih cepat. Padahal kalau mereka mau mencoba bersikap realistis menyesuaikan dengan kemampuannya atau mungkin menyiasatinya dengan cara kreatif, solusi terbaik pasti akan ditemukan.

Pernikahan seyogyanya merupakan suatu peristiwa yang terindah dalam hidup setiap insan bernama manusia. Melalui pernikahan yang resmi, tidak hanya sepasang kekasih yang berbahagia, tapi juga keluarga, tamu dan undangan yang hadir juga ikut merasakannya. Tidak sedikit karib kerabat yang mengungkapkan bentuk kebahagiaan mereka dalam bentuk hadiah, kado atau mungkin bunga papan yang diberikan pada mempelai

Berikut ini beberapa faktor yang harus menjadi pertimbangan saat merencanakan biaya pernikahan :

Gedung Pernikahan. Anda harus mencari tahu besarnya tarif gedung, fasilitasnya serta lokasi dengan rumah kedua mempelai. Kalau anggaran pas-pasan sebaiknya Anda memanfaatkan rumah sendiri untuk dijadikan tempat pernikahan. Kalau Anda mampu mendekorasinya secara kreatif, pernikahan di rumah sendiri bahkan bisa memberi kesan lebih mendalam dan lebih menarik dibandingkan menyewa gedung.

Tema Pernikahan. Ini juga bisa menjadi faktor penting dalam merencanakan biaya pernikahan. Tema yang Anda pilih bisa berupa pernikahan formal, tradisional, modern atau mengikuti adat kedaerahan.

Jumlah Undangan. Banyaknya jumlah undangan akan ikut menenetukan besarnya biaya pernikahan, semakin banyak tamu undangan tentu biaya pernikahan juga akan semakin besar.

Resepsi Pernikahan. Dari anggaran pernikahan, biaya resepsi merupakan bagian yang terbesar, rata-rata orang bisa mengeluarkan biaya sampai 50% dari seluruh anggaran pernikahan. Oleh sebab itu dengan kita menentukan biaya resepsi, kita sudah dapat memperkirakan total anggaran perkawinan secara keseluruhan yaitu dua kali dari biaya resepsi.

Wedding Organizer. Anda juga bisa memanfaatkan jasa wedding organizer kalau memiliki anggaran lebih. Pilihan ini akan membuat pekerjaan Anda jadi jauh lebih ringan, Anda tidak perlu repot-repot membuat konsep pernikahan yang akan diselenggarakan, biarkan Wedding Organizer yang melakukannya untuk Anda.

Souvenir. Souvenir mungkin sering dianggap hal sepele sebagian calon pengantin, padahal benda berharga Rp. 1000 - (paling murah) akan ikut menguras kantong Anda bila jumlah tamu undangan mencapai ribuan.

Video Shooting. Mengabadikan momen istimewa tentu merupakan salah satu pilihan bijak dan sangat disarankan. Anda bisa menggunakan pihak ketiga (wedding organizer) atau melakukannya sendiri.


TAGS biaya pernikahan gedung pernikahan tema pernikahan wedding organizer souveenir video shooting


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post